Sumala Film Horor Kisah Nyata di Semarang, Tayang Mulai 26 September 2024


Yofamedia.com, Jakarta - Film bergenre horor saat ini masih banyak diminati oleh para penonton film di Indonesia, tidak mau ketinggalan Hitmaker Studios juga menghadirkan film horor terbarunya yang berjudul "SUMALA". Film ini diangkat dari sebuah kisah nyata di Kab. Semarang tentang seorang anak bernama Sumala yang menculik anak-anak bermain sampai magrib. 

Cerita ini menjadi ramai diperbincangkan oleh masyarakat di Kab. Semarang dan akhirnya viral di sebuah thread X dari akun @BangBetz_.
Melihat kisah sosok Sumala yang masih menjadi misteri, Rocky Soraya selaku produser Hitmaker Studios memutuskan untuk mengangkat kisah ini ke layar lebar.

"Saya memilih cerita @bangbetz_ ini untuk diangkat ke film karena melihat fenomena urban legend di daerah Jawa yang masih sangat kental,” jelas Rocky Soraya.

Rizal Mantovani dipilih untuk menyutradarai film Sumala ini dan berlokasi syuting di daerah Semarang, Demak, Bogor, dan Jakarta ini mengambil setting di kebun jagung seperti asli cerita nya pada thread X.

Kebun jagung yang berada di Semarang dengan luas 1 hektar area dipakai menjadi lokasi utama dalam setiap adegan menegangkan. Kesadisan demi kesadisan yang di tampilkan dalam film sudah diwakilkan juga dari poster utama yang ditampilkan.

Luna maya dan Darius Sinathrya merupakan pilihan yang tepat dan cocok untuk memerankan Soedjiman dan Sulastri pasangan suami istri dalam film ini.


"Di skrip awal Soedjiman ini bukan antagonis. Akan tetapi dalam proses reading mengalami perubahan. Jadi kita udah reading, aku udah ngerjain PR dan segala macam, sudah develop karakter kita udah mulai masuk ke scene, ternyata berubah. Ulang lagi prosesnya berubah lagi. Bahkan sampai di big reading, Pak Rocky kasih masukan yang bagus akhirnya dari proses itu jadilah Soedjiman yang sekarang,”ujar Darius Sinathrya.

“Sebenarnya aku tidak anti protagonis atau antagonis. Karena semua peran punya kekuatannya tersendiri. Seperti di Sumala ini, semua kejadiannya berawal dari rentetan keputusan Soedjiman yang kurang bijaksana,” tambahnya.

Makayla Rose Hilli yang berperan sebagai Kumala juga mengaku sangat senang bisa ikut bermain dalam film ini. "Walaupun agak berat karena saya harus memerankan dua karakter sekaligus Kumala dan Sumala di film ini tapi saya sangat senang dan menikmati prosesnya," kata Makayla.

Luna Maya yang berperan sebagai Sulastri di film ini, dia juga menjadi Executive producer, Luna mengaku sudah lama ingin mencoba diposisi tersebut dan saat inilah momen yang tepat menurutnya.

"Jujur ini pengalaman pertama kenapa aku pilih Rocky dan Hitmaker Studios karena aku tahu kredibilitas mereka dalam memproduksi film dan semoga film ini hits sehingga membuat para investor dan executive producer jadi engga kapok,” ujar Luna Maya.

“Aku lebih deg degan-nya di angka ya (jumlah penonton) nanti saat tayang. Ke depannya arahnya memang ke sana (produser) jadi ini sekalian belajar. Selain itu juga merasa memiliki karena selain jadi pemain juga executive producer. Aku harus lebih all out promo dan menjadikan ini ‘my baby’ semoga lancar dan doakan laku ya,” tutup Luna Maya.

Sumala bercerita tentang Sulastri yang diperankan oleh Luna Maya membuat perjanjian dengan setan untuk bisa memiliki anak. Hal itu dilakukan Sulastri tanpa diketahui suaminya. Sulastri akhirnya melahirkan anak kembar yang dinamai Kumala dan Sumala. Kumala hidup, dan Sumala meninggal. Kumala tumbuh dengan kondisi fisik dan mental yang terganggu, sering menerima perlakuan buruk dari lingkungan sekitarnya.


Suatu hari, Sumala muncul dari alam baka untuk membalaskan dendam kepada mereka
yang menyakiti Kumala, membawa teror ke desa tersebut. Seiring waktu, desa tempat Kumala tinggal mengalami berbagai peristiwa mengerikan, termasuk kasus anak-anak yang hilang. Ketakutan mulai melanda penduduk desa yang menduga semua kejadian ini berhubungan dengan sosok mistis bernama Sumala.

Nama Sumala, sosok misterius yang dipercayai sudah ada sejak zaman kuno, menjadi pusat cerita. Penduduk desa hidup dalam ketakutan, bahkan enggan menyebut namanya karena diyakini dapat memanggil Sumala. Para tetua desa mencoba berbagai ritual untuk menenangkan Sumala, namun semua upaya gagal. Sosok ini tidak hanya menginginkan persembahan biasa. Ia menginginkan anak-anak dari desa tersebut. Hal ini semakin memperparah ketakutan masyarakat, terlebih setelah banyak anak yang hilang secara misterius.

Film Sumala akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 26 September 2024. Selain itu, film Sumala akan tayang di beberapa negara antara lain Australia, New Zealand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapore, Kamboja dan Thailand. [Lia]



0/Comments = 0 Text / Comments not = 0 Text

Lebih baru Lebih lama
YofaMedia - Your Favourite Media
Ads2